jump to navigation

Wawancara dengan Pak Nur Rokhman Seputar FTE-TIM 29 April 2007

Posted by Sigit Dewanto in Wawancara.
trackback
  1. Apa yang saat ini Bapak ketahui tentang FTIM? Bagaimana dengan perkembangannya?

Barusan saat mendapat kabar bahwa persetujuan tentang Fakultas baru tersebut sudah turun. Fakultasnya bernama Fakultas Teknik Elektro, Teknologi Informasi dan Multimedia.

  1. Apakah ILKOM akan masuk ke dalam Fakultas baru tersebut? Lalu apa alasannya?

Tidak. Tetap di MIPA. Kalau masalah alasan mengapa ILKOM tidak masuk, itu bukan kewenangan saya. Hanya dari senat MIPA menginginkan bahwa Computer Science (ILKOM) tetap di MIPA.

  1. Lalu Apakah untuk D3 di ILKOM ini juga akan masuk ke dalam Fakultas Baru ini?

Oh.., kalau masalah D3 itu justru berhubungan dengan sekolah ilmu terapan, ngga akan masuk Fakultas baru ini, lain ceritanya.

  1. Dampak dari fakultas baru ini terhadap ILKOM? Yang menurut kabar akan ada pemurnian?

Untuk permunian… Begini.., jadi semua berada dalam kerangka computing curiculla. Didalam ini ada beberapa segmen, diantaranya Computer engineering, computer science, software engineering, information system, information technology, serta tambahan berupa multimedia. Dan yang tidak digarap mereka adalah computer engineering(ELINS) dan computer science(ILKOM). Kalau masalah adanya pemurnian ILKOM itu hanya persepsi orang saja.

  1. Mengenai kabar akan adanya perubahan gelar pada Ilmu Komputer, apa hal ini benar?

Gelar itu sejak tahun 1993 namanya S.Kom diperuntukkan bagi Ilmu Komputer / Informatika. Mengenai ada perubahan atau tidak, itu diluar kewenangan saya. Tapi menurut informasi, SK dari Mendiknas tentang gelar Tahun 1993. Kita hanya mengacu pada sumber hukum terkahir dan yang masih digunakan hingga saat ini.

  1. Bagaimana untuk ILKOM kedepannya? Apakah akan menjadi jurusan?

Kalau tentang menjadi jurusan, itu memang sedang proses pengusulan adanya jurusan bagi ILKOM. Hingga saat ini sudah lolos ke tingkat senat MIPA, dan sedang diusulkan ke tingkat universitas. Nah dari situ kita hanya bisa bergantung, apakah senat universitas dapat segera menyetujui atau menunggu untuk beberapa lama lagi, itu merupakan kewenangan mereka.

  1. Kalau menurut Bpk Nurrokhman sendiri, lebih baik mana ILKOM menjadi jurusan atau sekedar program studi?

Wah itu pertanyaan dilematis ya.., melihat dari sejarah kita tidak memungkiri bahwa ILKOM tetap merupakan bagian dari MIPA, namun melihat adanya computing curiculla terlihat bahwa ada beberapa segmen yang sebelumnya saya paparkan di atas. Mungkin kita hanya bisa melihat perkembangan nantinya. Ketika ada Elins sebagai computer engineering, ilkom sebagai computer science dan fakultas baru sebagai pelengkapnya, apakah bisa berjalan sesuai dengan harapan kita. Atau masih harus dibenahi dengan mendirikan fakultas baru lainnya, kita hanya bisa tunggu perkembangannya.

  1. Di Fakultas baru tersebut terdapat Multimedia, sama halnya dengan minat di ilmu komputer? Seumpama konsep yang dibangun diantara keduanya sama, bagaiman selanjutnya?

Itukan hanya minta, dasar anda tetap computer science, tidak ada pemaksaan Anda untuk mengambil minat multimedia, kalau toh Anda computer science juga ingin belajar multimedia toh tidak ada salahnya, kita hanya memfasilitasi.

  1. Apakah memungkinkan untuk kita sebagai ILKOM yang menerima teori akan melaksanakan praktek/terapannya di Fakultas baru ini?

Dari program studi berusaha untuk memfasilitasi segala kebutuhan para mahasiswanya. Kalaupun ada alat yang sangat mahal dan oleh pihak universitas diletakkan di Fakultas baru tersebut, tidak ada salahnya kalau kita mengadakan kerjasama. Saya pun juga punya pemikiran bagaimana kalau mahasiswa ILKOM ini dikirim untuk kuliah di Fakultas lain di UGM, seperti ekonomi. Mungkin belajar tentang saham. Kan ngga mungkin kalau kita harus menyelenggarakan sendiri. Namun hal itu belum berjalan, baru beberapa waktu lalu saya usulkan dan belum didiskusikan. Tapi kalau memang betul-betul berniat, bisa saja anda mengajukan diri untuk kuliah di sana. Jadi anda hanya meminta untuk mengikuti mata kuliah yang berhubungan dengan TI di fakultas lain. Semisal anda ingin mengetahui bagaimana terapan IT di government, anda bisa mengambil mata kuliah tersebut di sospol. Namun untuk bagaimana mekanismenya, anda bisa tanya langsung pada fakultas bersangkutan dan biar nanti diberikan solusinya.

  1. Bagaimana dengan anggapan bahwa ILKOM belum mampu mewujudkan harapan UGM mendirikan basis TI?

Ya saya rasa ILKOM memang belum dapat memuaskan keinginan UGM, banyak kendala-kendala yang kami hadapi. Diantaranya terbatasnya tenaga kerja (dosen). Saya malah menyarankan agar mahasiswa yang baru lulus bisa digaet untuk menjaga lab, agar dosen bisa konsentrasi pada pengajaran teorinya.

  1. Harapan ke depan untuk mahasiswa ILKOM?

Maju terus pantang mundur.

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: