jump to navigation

Tips dan Trik Membasmi Virus 25 Maret 2007

Posted by himakomedia in Tutorial.
trackback

Membasmi
virus tanpa antivirus? Gimana caranya tuh? Simak
langkah-langkah umum berikut dalam membasmi virus:

1.
Nonaktifkan System Restore.

Fasilitas
System Restore pada Windows berguna untuk mengembalikan konfigurasi
sistem ke konfigurasi sebelumnya. Agar sistem yang telah pulih tidak
kembali rusak, matikan fasilitas ini dengan klik kanan pada My
Computer dan pilih Properties. Lalu pilih tab System Restore dan
centang bagian Turn off System Restore on All Drive.

2.
Matikan proses virus.

Bagaimanapun
caranya, matikan proses virus. Biasanya proses virus memiliki
ikon berupa folder atau dokumen MS Word. Gunakan aplikasi seperti
Process Explorer, Pocket Killbox, Show Kill Process, The Killer
Machine, dan sebagainya.

3.
Pulihkan registry.

Pulihkan
registry yang telah diotak-atik oleh virus. Jika tidak, maka virus
dapat menginfeksi komputer Anda lagi. Gunakan Hijack This, Registry
Cleaner, atau The Killer Machine. Hapus juga entry Scheduled
Task yang dibuat oleh virus jika ada.

4.
Hapus file-file virus.

Gunakan
fasilitas Search pada Windows untuk menemukan file-file virus.

5.
Munculkan file-file yang disembunyikan virus.

Virus
pada umumnya tidak begitu kejam dengan menghapus dokumen-dokumen
kita. Biasanya file-file tersebut hanya disembunyikan. Gunakan
perintah attrib -s -h <nama_file_anda> pada Command Prompt
untuk memunculkannya kembali.

6.
Saran terakhir untuk pencegahan. hati-hatilah saat melakukan transfer
data baik melalui disket, USB Flash Disk, maupun dari jaringan.
Tunjukkan file hidden dan ekstensi file pada Windows Explorer.
Selain itu, jangan mudah tergoda oleh file-file dengan nama yang
menggoyahkan iman 😉

Sidik
Jari Virus

Virus,
dan juga file-file lain, ternyata juga memiliki sidik jari. Namanya
adalah CRC32 (Cyclic Redudancy Check). Nilai checksum
untuk CRC ini unik untuk setiap file. Dengan demikian kita dapat
mengenali apakah sebuah file merupakan virus atau bukan melalui CRC
ini. Salah satu contoh antivirus yang menggunakan teknik pengenalan
CRC ini adalah WAV yang bisa diunduh dari virologi.info/download.

[seagate]

Iklan

Komentar»

1. Tips dan Trik Membasmi Virus « Hunter_swandi’s Weblog - 7 September 2007

[…] […]

2. yudha - 16 September 2007

Jual lisensi Norman (single user),

Valid Until september 2008,

( dapet dari vaksin.com krn ngirim sample virus yg belum terdeteksi )

silakan mail: xerophie@gmail.com

Stock 3 license,
Rp 150.000 / license
( bolehlah kurang dikit daripada gak dipake T__T )
transfer via bank,

thanks,

3. ari - 27 April 2008

bagaimana cara mengatasi virus trojan horse.generik

4. doez - 19 Juli 2008

thank’s bos informasinya

5. wawan - 25 Oktober 2008

maf mas komenx g’ sesuai,cuma mw nawarin cara terbebas dari belenggu pulsa yg slalu merepotkan kita sehari2,bagi mas ato embak2 yg udah berkunjung diblog yg kaya ilmu ini yg bermintat Untuk mengetahui carax..!KLIK JA DISINIMAKASI…!

6. Purwaka - 27 Oktober 2008

Wah terima kasih buat tipsny, akan saya coba.

7. Membasmi Virus « ^ Anak kuningan ^ - 4 Desember 2008

[…] […]

8. Rizal - 2 Maret 2009

artikelnya top abis

9. maxy - 5 Agustus 2009

virus yang bisa dibasmi apa saja sih???
truss kode virus biasanya menggunakan extension apa???
makasih

10. pakar bisnis online - 17 Agustus 2009

hati-hati dengan anti virus yang membuat komputer anda kena virus

11. nabil - 8 November 2009

terimakasih bos atas tips yang bermanfaat

12. jemix - TKM4 (Birthday) | hello world - 1 Mei 2010
13. mobil bekas - 20 Agustus 2011

thanks infonya, sangat bermanfaat bro

14. dwi - 25 November 2011

trims infonya gan, bagi yg brminat ni salah satu link nya
http://uangdownload.com/link-kategori-1/104/18075


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: