jump to navigation

Apa dan Mengapa 3 Maret 2007

Posted by Sigit Dewanto in Uncategorized.
trackback

Apa itu HimakoMedia?

HimakoMedia, seperti yang telah disebutkan berulang-ulang pada blog ini, adalah Divisi Pers dan Jurnalistik Himpunan Mahasiswa Komputer UGM. Divisi ini (seharusnya) merupakan media komunikasi dan kreativitas bagi seluruh warga Himakom, terutama sebagai media komunikasi tulisan.

Namun, selama ini peran tersebut tidak berjalan dengan baik karena keterbatasan produk-produk keluaran HimakoMedia seperti majalah dan buletin. Majalah dan buletin dibatasi waktu terbitnya oleh dana yang tersedia. Selain itu, kedua produk tersebut tidak mampu menampung semua tulisan baik dari redaksi redaksi HimakoMedia maupun kontributor dari pihak luar. Tingkat interaktivitas juga rendah karena tanggapan dari pembaca sulit diketahui.

Mengapa Menulis?

masa sejarah dimulai ketika orang mengenal tulisan. Kita mengetahui adanya kerajaan-kerajaan kuno dari tulisan-tulisan yang dipahat pada prasasti-prasasti. Para pelaut dan penjelajah dunia zaman dahulu (dan hingga kini) menuliskan catatan perjalanan mereka. Ilmuwan-ilmuwan menulis buku untu membagi ilmu mereka.

Intinya, orang menulis untuk mencatat pengalaman, menuangkan gagasan, dan berbagi pengetahuan. demikian pula kami di HimakoMedia. Kami mencoba merekam berita-berita seputar perkembangan dunia teknologi informasi (TI) yang begitu pesat. Pada prinsipnya, kami ingin membentuk opini bagi pembaca sekalian bahwa teknologilah yang harus mengikuti kebutuhan manusia dan bukan sebaliknya.

Kami juga ingin berbagi gagasan, opini, dan pengetahuan dengan pembaca sekalian. tak lupa tanggapan dan kritik dari pembaca pun sangat kami harapkan. Dengan demikian kami dapat mengetahui apa yang menjadi kelemahan kami, sehingga untuk selanjutnya kami dapat memperbaiki diri menjadi lebih baik.

Komunikasi tulisan memiliki kelebihan (dan juga kekurangan) dibanding komunikasi lisan. Komunikasi lisan lebih bersifat langsung dan spontan sementara tulisan dapat disunting terlebih dahulu. Sebuah tulisan juga bisa dibaca berulang-ulang di mana saja dan kapan saja.

Mengapa Blog?

Telah disebutkan sebelumnya mengenai kekurangan dari media cetak, baik berupa majalah maupun buletin. Dan blog, untungnya, mampu mengatasi kekurangan tersebut.

Sebuah blog bisa dibangun tanpa membutuhkan banyak biaya. Mungkin yang menjadi masalah hanyalah koneksi ke internet. Kami juga tidak perlu repot memikirkan keterbatasan ruang tulisan. Jangkauan pembaca pun menjadi lebih luas, tidak terbatas pada Fakultas MIPA UGM saja. Yang lebih penting lagi, tingkat interaktivitas juga lebih tinggi karena pembaca dapat memberikan komentar pada setiap tulisan.

Pemred Himakomedia

Sigit Dewanto

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: